ULASAN 1: Why UEFI?

Video berjudul "Why UEFI?" adalah video yang membahas Unified Extensible Firmware Interface 
sebagai pengganti BIOS. Dipublikasikan pada tanggal 15 Oktober 2016 oleh akun Ask Leo!. Video ini berdurasi sepanjang 8:26 menit, telah ditonton sebanyak 15.964 kali dengan 132 penonton menyukainya dan akan terus bertambah. Video dapat ditonton melalui link ini.

Pada dasarnya semua komputer membutuhkan BIOS (basic input output system) sebagai sarana untuk melakukan load sebuah operating system. Tetapi BIOS yang telah berumur lebih dari 25 tahun dianggap telah usang karena keamanan dan kurangnya fitur. Digantikanlah BIOS dengan UEFI yang memiliki lebih banyak fitur, dan hanya dapat diakses setelah masuk kedalam sistem operasi, sehingga UEFI dapat lebih aman karena orang yang tidak memiliki akses tidak dapat mengganti konfigurasi booting dan atau mendapat hak akses dari sistem operasi hanya karena dia ada di depan komputer kita. 

Secara teoritis UEFI meningkatkan keamanan booting komputer kita, memudahkan recovery harddisk yang terkena damage karena ada fitur tambahan dan lain-lain. Oleh karena memiliki fitur yang lebih banyak, seperti dapat mengontrol hardware secara lebih menyeluruh maka UEFI sendiri hanya kompatibel pada komputer dengan spek yang memenuhi standar. Komputer-komputer baru sudah pasti kompatibel dengan UEFI, namun komputer seri lama belum tentu kompatibel dengannya. Dan pada akhirnya, fitur-fitur pada UEFI tergantung pada manufaktur motherboard masing-masing.

Menurut saya, video ini merupakan video yang dapat membuat kita berfikir dan juga memberi pencerdasan terhadap bagaimana seharusnya mempertahankan serangan terhadap os meskipun terlihat tidak mengancam (pertahanan secara fisik). Seiring dengan penjelasan yang diberikan, leonardo memperdengarkan informasi auditori yang jelas dengan suara yang besar dan tidak terlalu cepat. Selain itu, untuk memperjelas kalimat yang diucapkan terdapat subtitle dalam bahasa inggris pada video ini. Walaupun singkat, video ini dapat menyampaikan secara jelas mengapa UEFI lebih pantas untuk komputer kita.

Akun Github pengulas  : fikarfbr
URL ulasan                    : https://febrianfikar.blogspot.com/2017/11/ulasan-1-why-uefi.html
URL video                    : https://youtu.be/D7NuwQWYWKw (8:26)
Video author                 : Ask Leo!
Pemetaan                      : week03
Revisi Pertama            : 01 DEC 2017
Revisi Terakhir            : 01 DEC 2017

Komentar